Cara Bermain Saham Di Bursa Efek

Posted on

Cara bermain saham di bursa efek bisa dilakukan dengan daftar terlebih dulu di perusahaan sekuritas, melakukan penyetoran dana modal awal, memilih saham yang akan anda beli, dan di akhiri dengan menjual saham yang telah anda beli.

Jual beli saham mulai dikenal masyarakat sebagai salah satu sarana investasi di sektor keuangan. Akses informasi dan teknologi yang sudah terjangkau menjadikan minat masyarakat terhadap jual beli saham lebih tinggi sekarang ini. Di kalangan umum, konsep jual beli saham ini dikenal juga dengan istilah investasi saham, tanam saham, bisnis saham, ataupun bermain saham.

Penjelasan selengkapnya tentang cara bermain saham di bursa efek Indonesia bisa anda baca di bawah ini ya.

1.MEMBUAT REKENING SAHAM

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah membuka rekening saham terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mendaftar di perusahaan sekuritas yang memang menjadi perantara untuk jual beli saham.

Anda bisa mendaftar di perusahaan sekuritas BUMN seperti BNI sekuritas, Danareksa sekuritas, Mandiri sekuritas, ataupun Bahana sekuritas. Selain itu bisa juga menggunakan perusahaan sekuritas milik swasta seperti Sinarmas sekuritas, Trimegah, Panin, Henanputi Rai sekuritas, trust sekuritas, dan lain sebagainya.

Ada juga perusahaan sekuritas milik asing seperti Philip securities, BNP paribas securities, Kim Eng Securities, dan lain sebagainya.

Syarat Membuka Rekening Saham

Hal yang diperlukan untuk membuka rekening saham antara lain;

  • Fotocopy identitas diri
  • Data tempat tinggal lengkap
  • Data pekerjaan atau usaha anda
  • Copy buku rekening tabungan bank milik anda

Modal Yang Diperlukan Untuk Bermain Saham

Saat ini modal minimal yang diperlukan untuk bermain saham di bursa indonesia cukup terjangkau. Di beberapa perusahaan sekuritas nasional, anda bisa membuka rekening saham dengan modal awal 5 juta rupiah saja.

Cara Bermain Saham Di Bursa Efek

2. MEMILIH DAN MENGANALISA SAHAM

Langkah kedua yang perlu anda lakukan adalah memilih serta menganalisa saham-saham di bursa. Setelah anda deposit dana, anda sudah bisa langsung bertransaksi. Tapi sebelumnya anda wajib melakukan analisa terlebih dahulu.

Analisa saat memilih saham perlu dilakukan untuk  memilih saham yang bisa memberikan keuntungan nantinya (saham pemenang).

Analisa yang dilakukan antara lain analisa kondisi perusahaan bersangkutan, perkembangan, grafik keuntungan, rumor kebijakan, dan lain sebagainya. Biasanya ini disebut dengan analisa fundamental. Sedangkan untuk melakukan eksekusi transaksi, jika perlu anda bisa melakukan analisa teknikal dengan melihat chart pergerakan saham dari perusahaan bersangkutan.

Dengan analisa teknikal, kita bisa menemukan timing yang tepat untuk mulai membeli saham. Bisa juga digunakan untuk mencari timing yang tepat untuk menjual saham yang kita miliki.

3. MEMBELI SAHAM PILIHAN ANDA

Setelah melakukan analisa, langkah selanjutnya tentunya adalah membeli saham pilihan anda dilangkah sebelumnya. Sekarang, cara membeli saham pilihan sudah lebih mudah.

Ada dua cara yang bsa anda lakukan untuk membeli saham;

  1. Membeli saham secara online melalui software trading saham online yang disediakan oleh perusahaan sekuritas anda. Anda harus menginstall aplikasi tersebut di komputer terlebih dahulu, login, dan bisa langsung melakukan transaksi disana. Sebelumnya, tentunya anda harus mempelajari dulu cara menggunakan software tersebut. Biasanya ngga sulit kok.
  2. Membeli saham melalui broker atau pialang saham. Anda bisa juga membeli saham dengan menghubungi broker / pialang saham anda melalui telepon. Atau jika sedang di kantor broker, bisa secara langsung disana.

 4. MENJUAL SAHAM ANDA

Langkah selanjutnya yang dilakukan adalah menjual saham yang anda beli sebelumnya. Menjual saham ini dilakukan jika harga saham sekarang sudah lebih tinggi dari harga saham saat anda beli. Sehingga, saat dijual anda sudah mengantongi keuntungan.

Di bursa saham, hal ini dikenal dengan nama profit taking atau take profit. Langkah menjual saham ini bisa dilakukan kapan saja. Bahkan jika anda mau, bisa menjual saham yang baru saja dibeli jika memang harga langsung bergerak naik dan anda sudah mendapatkan keuntungan.

Selanjutnya dalam cara bermain saham di bursa efek anda akan terus mengulang langkah 2 sampai 4. Semoga dari artikel ini anda bisa mendapatkan gambaran bagaimana cara bisnis saham di bursa efek.

Topik yang berhubungan;cara bermain saham tanpa modal, cara bermain saham di gta 5, menanam saham di bank mandiri, cara membeli saham bri, cara bermain saham di gta 5 offline, bermain saham tanpa modal, cara main saham tanpa modal, cara main gta 5 offline, saham budi suharja, cara membaca bursa efek

Leave a Reply