Pengertian Insider Trading dan Penjelasannya

Posted on

Pengertian Insider Trading – Kita sering mendengar istilah insider trading/perdagangan orang dalam ,di dunia investasi finansial. Ada juga yang mengistilahkan illegal trading. Apa pengertian insider trading/pengertian illegal trading ini?

Pengertian insider trading

Insider trading adalah aktifitas perdagangan saham atau pun sekuritas tertentu oleh individu yang mempunyai akses tentang informasi non publik dari perusahaan tersebut. Dengan kata lain, perdagangan efek perusahaan yang dilakukan oleh orang yang dikategorikan sebagai orang dalam. Si individu ini melakukan aktifitas trading dengan memanfaatkan informasi yang sebetulnya tidak bisa di akses oleh publik.

Yang dimaksud dengan orang dalam disini berdasarkan UU No. 8/1995 tentang Pasar Modal, merupakan pihak yang mengetahui informasi dalam perusahaan, yaitu orang yang bekerja di emiten atau perusahaan publik.

Mengapa insider trading merugikan?

Di sebagian negara, aktivitas insider trading dilarang. Hal ini dikarenakan adanya ketidak-adilan. Seorang investor dengan informasi dari dalam yang sebetulnya tidak bisa diakses publik, bisa mendapatkan jumlah keuntungan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan investor lain.

Baca juga  Mengenal analisis teknikal dan fundamental

Investor lain yang tidak mempunyai akses terhadap informasi ini akan merasa tidak adil, dan tidak yakin untuk terus berinvestasi. Pada akhirnya dapat menyebabkan berkurangnya jumlah investasi yang masuk secara signifikan. Dengan kata lain, investor kehilangan kepercayaan terhadap market.

Contoh insider trading misalnya saja, seorang manager perusahaan yang mengetahui informasi dalam, dan melakukan transaksi yang menguntungkan dirinya sebelum informasi tersebut diumumkan ke publik.

Biasanya di insider trading dalam pasar modal lebih umum terjadi dibandin pasar finansial lainnya. Di indonesia, insider trading secara prinsip dilarang berdasarkan pada UU No.8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal.

Kasus insider trading di Indonesia

Salah satu kasus insider trading yang pernah tersorot oleh media di Indonesia adalah yang terjadi tahun 2007,

Baca juga  Trik trading forex yang efektif

Detik finance Selasa, 18/12/2007 10:52 WIB:

“Kasus dugaan Insider Trading PGN menguak ke permukaan pada Januari 2007 lalu. Dugaan muncul akibat penundaaan proyek pipanisasi gas Sumsel-Jabar (SSWJ) yang tidak segera dilaporkan manajemen ke publik.

Akibatnya harga saham pada 12 Januari 2007 terjungkal 23,32 persen menjadi Rp 7.400 per saham. Tidak dilaporkannya penundaan proyek tersebut diduga terkait dengan kepentingan divestasi saham PGN 5,32 persen pada 15 Desember 2006 agar harga ketika divestasi tidak turun”

Detik finance Kamis, 27/12/2007 13:49 WIB:

“Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) hanya memberikan sanksi administratif berupa denda terhadap 9 orang karyawan dan mantan karyawan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dalam kasus perdagangan saham PGN (Insider Trading).

Baca juga  Pilih pakai akun gratisan atau deposit?

Ke-9 Orang itu adalah mantan Dirut PGN WMP Simanjuntak didenda Rp 2,330 miliar, mantan Sekretaris Perusahaan Widyatmiko Bapang sebesar Rp 25 juta, Adil Abas Rp 30 juta, Nursubagjo Prijono Rp 53 juta, Iwan Heriawan Rp 76 juta, Djoko Saputro Rp 154 juta, Hari Pratoyo Rp 9 juta, Rosichin Rp 184 juta, dan Thohir Nur Ilhami Rp 317 juta”

Di negara luar seperti Amerika, praktek insider trading mendapatkan sanksi yang cukup berat dan diproses secara pidana maupun perdata.

Topik yang berhubungan;insider trading adalah, pengertian insider trading, pengertian illegal trading, contoh insider trading, apa itu insider trading, pengertian trading, insider trading dalam pasar modal, Arti insider trading, contoh kasus insider trading, pengertian insider trading dalam pasar modal

Leave a Reply